Logo Firefox Bukan Rubah? Mengungkap Evolusi Logo yang Mengejutkan!

sumber media : slashgear.com

Kalau mendengar kata Firefox, kebanyakan dari kita pasti langsung membayangkan icon seekor rubah oranye yang sedang melingkar mengelilingi bola dunia.

Tapi, tahukah kamu kalau selama ini kita semua salah..
Yap, logo Firefox ternyata bukan rubah guys. Nama “Firefox” sendiri mengacu pada sebutan lain yaitu sebutan untuk seekor panda merah (red panda), seekor hewan imut dari Himalaya dan Cina barat daya. Panda merah ini sering disebut dengan “firefox” karena bulunya yang berwarna merah menyala serta berekor panjang, mirip sekali dengan penampakan hewan rubah.

Transformasi Identitas Visual Firefox

Evolusi logo Firefox (2002–2017). Sumber : FreeLogoDesign.com

Awalnya, desain logo Firefox sendiri berupa burung phoenix, sesuai dengan nama peramban web mereka ketika masih disebut dengan Phoenix. Namun, setelah terjadi perubahan nama menjadi Firefox, ikon tersebut mereka diganti menjadi sosok yang mirip sekali dengan seekor rubah. Seiring berjalannnya waktu, logo Firefox kembali mengalami tiga penyempurnaan besar, yaitu pada tahun 2009, 2013, dan 2017, yang pada akhirnya membuat tampilan dari web browser firefox ini semakin sederhana dengan gaya datar tanpa tekstur (Wikipedia, 2025).

Di tahun 2018, Mozilla selaku pengembang web browser Firefox mengumumkan adanya rencana desain ulang logo agar selaras dengan identitas visual baru untuk seluruh produk di bawah merek Firefox. Setelah melalui tahap pengumpulan masukan dan pengembangan, satu set logo final akhirnya dirilis pada Oktober 2019. Set ini juga memperkenalkan logo pemersatu merek yang sering disalahartikan sebagai logo utama peramban.

Selain itu, beberapa varian Firefox menggunakan logo berbeda. Contohnya Firefox Nightly, yang awalnya memakai desain bola dunia khas Firefox tetapi kemudian, pada November 2017, tampil dengan skema warna baru, dimana hewan rubah diubah dari merah-oranye menjadi biru-ungu dan bola dunia yang dibuat lebih gelapsebagai bagian dari upaya untuk melawan menurunnya pangsa pasar Firefox di pasar peramban web (Wikipedia, 2025)

Transisi Identitas & Kesederhanaan (2018 - Sekarang)

Memasuki tahun 2018, Mozilla memulai langkah besar dalam merancang ulang identitas visual Firefox. Perusahaan ini menganggap bahwa logo rubah cepat dengan ekor menyala yang telah dikenal luas tidak lagi cukup untuk mewakili seluruh ekosistem produk Firefox yang semakin berkembang. "Ikon saat ini, rubah cepat dengan ekor menyala, tidak menawarkan alat desain yang cukup untuk mewakili seluruh jajaran produk ini," tulis desainer Mozilla dalam posting blog resminya sebagaimana diberitakan The Verge (Kompas, 2018). Untuk itu, mereka meluncurkan sebuah proyek desain internal berskala besar dengan tujuan membangun merek Firefox baru yang lebih fleksibel, seragam, dan relevan dengan kebutuhan digital modern.

Dalam proyek ini, Mozilla membentuk tiga tim kreatif dengan tema desain yang berbeda, yaitu : Api, Rubah, dan Bebas. Setiap tim bertugas mengeksplorasi pendekatan visual unik yang dapat mencerminkan nilai inti Firefox sekaligus memudahkan penerapan desain lintas platform. Pada Juli 2018, Mozilla akhirnya mempublikasikan konsep awal mereka kepada publik. Dalam pernyataan resminya, mereka menjelaskan bahwa ikon rubah dengan ekor menyala yang selama ini identik dengan Firefox tidak lagi cukup menjadi “alat desain” untuk mewakili seluruh produk yang terus berkembang. Alih-alih memperbarui desain lama mereka, Mozilla akhirnya memutuskan memulai dari awal untuk merancang identitas yang benar-benar baru untuk brand mereka.

Hal tersebut melahirkan dua sistem desain utama. Pada sistem pertama, mereka menampilkan logo merek utama berupa kepala rubah geometris bergaya modern, disertai dengan set ikon turunan yang dirancang untuk berbagai produk Firefox. Lalu pada sistem kedua, mereka mengusung pendekatan lebih sederhana berupa logo utama berbentuk api melingkar minimalis dengan serangkaian ikon pelengkap yang serasi. Kedua sistem ini dirancang khusus oleh tim agar setiap produk, baik penjelajah web maupun layanan tambahan dapat memiliki identitas visual sendiri, namun tetap terlihat sebagai bagian dari keluarga besar Firefox.

Selanjutnya pada 11 Juni 2019, Mozilla kemudian secara resmi memperkenalkan logo baru Firefox. Desain ini merupakan hasil kombinasi dari ide-ide dalam dua sistem desain sebelumnya. Logo penjelajah web tampil lebih sederhana, bergaya modern, dan sedikit lebih abstrak dibanding versi lama. Bola dunia yang sebelumnya berwarna biru kini diubah menjadi ungu, sedangkan detail rubah disederhanakan dengan menghapus kaki sepenuhnya untuk menghadirkan siluet yang bersih  (Wikipedia, 2025). Pendekatan ini bertujuan agar logo lebih serbaguna dan mampu “selaras secara visual dengan semua elemen lain” dalam ekosistem Firefox, tanpa harus selalu menampilkan wujud rubah. Selama proses pengembangan, tim desain Mozilla juga menemukan bahwa pengguna tetap mengenali identitas Firefox meski rubah tidak secara eksplisit digambarkan.

Selain pembaruan logo peramban web dan logo utama merek Firefox, Mozilla juga merilis ikon-ikon baru untuk layanan terkait seperti Firefox Send, Firefox Monitor, dan Firefox Lockwise. Logo untuk Firefox Monitor dan Lockwise bahkan lebih dulu diluncurkan pada Mei 2019 sebagai bagian dari pengujian dan penerapan awal. Pembaruan identitas visual ini kemudian diimplementasikan secara penuh pada Firefox 70, yang dirilis pada 22 Oktober 2019.

Transformasi ini ditandai sebagai fase baru bagi Firefox. Bukan hanya sekadar perubahan estetika, tetapi juga penyempurnaan strategi merek. Dengan adanya desain baru yang lebih minimalis, konsisten, dan adaptif, Mozilla berhasil memperkuat citra Firefox sebagai ekosistem produk yang modern dan mudah dikenali, sekaligus mempertahankan karakter khasnya di tengah persaingan dunia digital yang kian dinamis. Gimana guys, apakah menurut kalian perubahan logo firefox ini dapat membawa perubahan baru yang signifikan?

Sekian dulu cerita seru kita hari ini, sampai jumpa di artikel Funtechnet berikutnya! Tempatnya fun fact teknologi dan internet yang bikin kamu makin up-to-date! See youuu 🚀👋


References :
Wikipedia contributors. 2025. Firefox logo. Dalam Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Diakses pada 21 September 2025, dari https://en.wikipedia.org/wiki/Firefox_logo
Kompas Tekno. (2018, 1 Agustus). Yuk ikutan pilih logo baru Firefox. Kompas. Diakses dari https://tekno.kompas.com/read/2018/08/01/06420017/yuk-ikutan-pilih-logo-baru-firefox

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama